Movie review - AGORA





  




Cast:
- Rachel Weisz as Hypatia of Alexandria
- Max Minghella as Davus, her slave
- Oscar Isaac as Orestes
- Ashraf Barhom as Ammonius
- Michael Lonsdale as Theon, father and teacher of Hypatia
- Rupert Evans as Synesius
- Homayoun Ershadi as Aspasius



Agora adalah film drama sejarah yang disutradarai oleh Alejandro Amenabar. Film ini dibintangi Rachel Weisz dan Max Minghella. Cerita ini berkisah tenteng astrolog-filosof Hypatia dari Alexandria (Rachel Weisz) dan hubungannya deng budaknya Davus ( Max Minghella). Film ini diceritakan di Egypt tetapi set sebenarnya terjadi di pulau Malta di Laut Mediterania)





Hypatia  adalah seorang filosof beragama atheis, dia adalah guru astronomi di Alexandria, Davus seorang budak yang pintar, ia mengabdi ke pada tuannya Miss Hypatia. Alexandria saat itu penh dengan pemberontakan anatara kaum Kristen dan Atheis. Kaum kristen yang mencela Tuhan Atheis dan menertawakan Tuhan Atheis. Tindakan kaum Kristen membuat Kaum Atheis marah dan mereka pun membunuh satu persatu kau Kristen, dimulai lah perang antara kaum Kristen dan Atheis. Davus diam-diam telah menjadi pembela kristen. Pemerintah memutuskan para kaum Atheis utk pindah dr Alexandria, Kaum Kristen secara progresive mengambil alih Alexandria. Mereka juga membunuh kaum Yahudi yang masih tinggal di Alexandria.


Kaisar Romawi tidak setuju dengan kaum kristen yang tidak bersahabat dengan agama lain. Akhirnya Pemerintah Orestes (Oscar Isaac) turun tangan dan bertemu dengan  Seorang Baptis Kristen bernama  Aspasius ( Homayoun Ershadi), sang baptis menyatakan bahwa pemeritah harus meyakini agama Kristen dan mejadi pengikutnya dengan syarat menjadikan Hypatia sebagai Kristen karena apabila Hypatia tidak menjadi pengikutnya, Hypatia di anggap wanita penyihir yang mengendalikan astronomi dan patut di bunuh. Orestes kagett mendengar itu dan dia langsung keluar Gereja. Ammonius (Ashraf Barhom) seorang pengikut kristen memukuli Orestes dengan batu, ia menganggap bahwa Orestes akan melindungi Hypatia.




Di kerajaan Romawi Synesius (Rupert Evans) seorang baptis Yahudi menyadarkan Orestes utk menganut Kristen, dengan isak tangis Orestes pun menjadi penganut Kristen. Orestes berusaha utk menyadarkan Hypatia tapi ternyata tidak berhasil, Hypatia masih bersikeras bahwa ia percaya dengan filosofi.
Akhirnya Hypatia memberanikan diri utk bertemu dgn Kaum Kristen karena ia sudah berhasil menemukan bentuk bumi dan  gerakan bumi terhadap matahari. Tetapi Kaum Kristen tetap menganggap Hypatia sebagai Wanita penyihir dan akan membunuhnya.
Davus yang mencintai Hypatia tidak tega melihat Hypatia yang akan dibunuh oleh kaumnya.
Lalu apa yang akan dilakukan Davus ??? WATCH IT pals !! :)

FACT :


The REAL Hypatia dari Alexandria adalah seorang sarjana Yunani dari Alexandria di Mesir, dianggap sebagai wanita penting pertama dalam matematika, yang juga mengajar filsafat dan astronomi. Dia tinggal di Roma Mesir, dan dibunuh oleh massa Kristen Koptik yang menyalahkan dia untuk gejolak keagamaan. Dia telah dianggap sebagai pembela "berani sains terhadap" agama, dan beberapa menunjukkan bahwa pembunuhan itu menandai berakhirnya Era Helenistik.


Film ini baguuuuus banget ! 4 THUMBS UP ! kereeen lah, aku sempet terharu pas scene Davus membunuh Hypatia dalam pelukannya T_T

Nonton deh dijamin ngeti dgn keadaan kerajaan Romawi jaman dulu hehehe
Film ini menang di Toronto Film Festival , pemain wanita terbaik Rachel Weisz, pemain pria terbaik Max Minghella, dan Music director terbaik, trus apalagi ya ?? pokonya ada 4 penghargaan utk film ini .

KEREN kaaan :)
 


X O X O

movie-geek

0 comments: